Jumat, 26 Desember 2008

diabetes mellitus

KENCING MANIS

Kencing manis pertama kali ditemukan di Mesir sejak zaman kuno/ zaman dahulu sejak 1500 BC. Kata kencing manis berasal dari bahasa Yunani yang berarti air mancur mengacu pada produksi air seni pada jumlah besar oleh penyakit yang menunjukkan tahap awal, kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena kandungan kadar gula yang berlebihan dan nama “mellitus” itu berasal dari bahasa latin yang artinya madu. Beberapa dokter sering menemukan penyakit kencing manis secara tidak sengaja. Air seni dari penderita kencing manis bisa menarik semut untuk dating mencari letak gula, pencarian ini membuktikan bahwa air seni yang disebabkan kencing manis mengandung gula dengan kadar yang tinggi.

Ada 2 kelompok besar diabetes, yaitu:

  1. Tipe 1 (bergantung insulin) kencing manis adalah suatu penyakit yang disebabkan kegagalan produksi sel insulin oleh pancreas. Hal itu bisa terjadi pada umur berapapun namun pada umunya terjadi pada usia lanjut. Kekuragan insulin sering ditemukan, tanpa peran insuln, gannguan pencernaan karbohidrat yang sangat berbahaya, dan metabolisme protein dapat terjadi setiap hari bahkan setiap jam.
  2. Tipe 2 (tidak bergantung pada insulin) kencing manis atau maturity-onset diabetes, biasanya menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun. Kebanyakan, tubuhnya menentang pada insulin, hal itu bisa bedampak pada tubuh, tubuh bisa berubah drastis akibat kebanyakan makan yang berakibat pada kegemukan, dan pancreas tidak bisa menghasilkan hormone insulin. Hal ini memebrikan potensi terjadinya darah tinggi dan serangan jantung. Hal ini juga bisa terjadi akibat adanya factor genetik.

RESIKO

Orang-orang yang terkena kencing manis dengan jenis pertama dapat beresiko terkena gangguan metabolisme asidosis (ketoasidosis) yang dapat mengakibatkan pingsan, ketoasidosis disebabkan oleh jumlah hormon insulin yang telalu sedikit untuk mencegah terjadinya kegemukan yang disebabkan oleh kebanyakan memproduksi cuka beracun, dengan kata lain apabila sudah terbukti dengan terdiaknosa kencing manis, infeksi tersebut harus mendapatkan penanganan yang serius.

Resiko yang paling sering terjadi adalah: kerusakan mata (diabetic retinopathy), kerusakan ginjal (nephropathy), dan kerusakan saraf (neuropathy) kerusakan saraf mempunyai dampak yang negatif, kerusakan saraf bisa menimbulkan keadaan yang tidak berdaya dan permasalahan kaki yang serius.

Orang-orang yang terkena kencing manis jenis kedua dan pertama, mereka akan mengalami kerusakan ginjal dan peningkatan glukosa dan semua itu beresiko terjadinya kerusakan nadi.. ini dapat beresiko terjadinya serangan jantung atau kaki terasa nyeri pada bagian atas saat berdiri. Banyak orang-orang sepert itu juga mempunyai tekanan darah yang tinggi dan darah abnormal yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Bagaimana cara memperlakukan pasien yang terjankit kencing manis

Pengobatatan penyakit kencing manis membutuhkan biaya yang mahal dan anda akan membutuhkan perawatan yang lama. Ini sebagian besar bergantug pada diri anda sendiri, efektif tidaknya bergantung pada anda sendiri. Banyak orang yang terkena kencing manis ingin mengetahui cara mengukur kadar gula darah mereka dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang menguji ini melalui air seninya. Anda bisa menggunakan metode mana saja. Kita perlu mengatur waktu dan mendeteksi bagaimana kencing manis bereaksi terhadap diet dan perawatan lainnya.

Format pertama seseorang yang memiliki kencing manis harus mempertahankan diet dan sehari-hari harus di berikan suntikan hormon insulin untuk menggantikan hormon yang hilang, banyak orang-orang yang menetapkan untuk tetap menggunakan persiapan yang sesuai dengan mereka.

Hormon insulin dapat diambil dengan hanya suntikan, di manapun hormon insulin yang di ambil dengan lisan akan dibinasakan oleh sari buah pencernaan yang di serap ke dajam bloodstream kamu akn ditunjukan bagaimana cara menggunakan suatu inektor pena atau semprotan untuk menyuntik diri anda hanya di bawah kulit,pahamu,lengan tangan atau abdomen. Kebanyakan orang-orangn belajar bagaimana cara melakukan ini secara evisien di dalam beberapa hari. Orang tua harus menyuntikan kepada anak-anaknya yang terkena kencing manis.

Format ke dua kencing manis dapat di gunakan sebagai diet alami dapat mengendalikan penggunaan kadar gula yang berlebihan. Tujuan mengendalikan penggunaan kadar gula untuk mengurangi kalori dalam rangka untuk mengisi energi pada tubuh dan untuk menurunkan berat badan untuk mengurangi pemasukan gula dengan Cuma-Cuma dalam rangka mempermudahkan atau melincinkan penyerapan glukosa ke dalam darah untuk menurunkan pemasukan yang mengakibatkan kegemukan yang berhubungan dengan kerusakan pada nadi. Dalam praktek alat-alat ini mengikuti jenis diet yang dianjurkan untuk semua orang, penerapan ini dapat menghindarkan makan dengan kalori tinggi yang berdampak pada kegemukan, sperti halnya makan yang ada di goreng, biskuit, kue kering, daging yang berwarna merah dan coklat. Makanan dengan kandungan fiber yang tinggi itu sangat baik dalam mengontrol kadar gula darah yang berlebihan.

Prospek dengan jangka panjang

Jika pasien kencing manis dapat mengatur pola hidupnya dengan baik maka dia bisa diharapkan untuk mencapai kehidupan yang sehat. Pasien ya ng memiliki ketergantungan pada tubuhnya sangatlah merugikan dalam bekerja seperti halnya dengan saat memberikan suntikan pada tubuh dan mengatur diet/ mengatur pola makanan kita. Orang yang terkena diabetes tidak diperbolehkan bekerja apalagi memegang jabatan dalam pemerintahan karena akan mnimbulkan resiko yang besar.

Hipoglycaemik

Meskipun penyakit kencing manis susah disembuhkan tapi jika memeriksakan diri secara teratur/ secara medis dan dengan perawatan yang sangat teratur maka kemungkinan kita akan sembuh walaupun itu merupakan harapanj yang sangat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar